(+62)-813-8700-3540tbi@iainkediri.ac.id

Yudisium XII Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri

Pada tanggal 25 Juli 2024, bertempat di gedung Serba Guna IAIN Kediri, Fakultas Tarbiyah menggelar Yudisium Angkatan ke 12 Program Sarjana Strata I dengan tema “Membangun Sarjana Mileneal yang Islami, Innovativ dan Professional”. Acara diawali dengan iring-iringan dekanat, senat, kaprodi dan sekprodi yang memasuki tempat acara dihantarkan oleh penari dari mahasiswa PGMI. Yudisium kali ini diikuti oleh 561 mahasiswa dari 8 prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah, dengan rincian PAI: 157, TBI: 109, PBA: 80, TM: 40, MPI: 95, PGMI: 61, TBIndo: 8, TIPA: 11. Yudisium kali ini menorehkan sejarah baru terutama untuk Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan Tadris IPA , dimana pada Yudisium kali ini, kedua prodi ini pertama kali meluluskan mahasiswa mereka.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh perwakilan mahasiwa dari Prodi PAI, diikuti dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars IAIN Kediri yang dipimpin oleh salah satu dosen PGMI. Rektor IAIN Kediri, Dr. Wahidul Anam, M.Ag. dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd., memberikan sambutan dengan ucapan selamat kepada para peserta Yudisium yang telah menyelesaikan studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, sekaligus memberi pesan dan kesan untuk selalu berbuat baik dan berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat dengan aktif bergerak dalam bidang masing-masing. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta Yudisium yang diwakili oleh salah satu mahasiswa dari Tadris Bahasa Indonesia. 

Selanjutnya acara inti dari Yudisium adalah pembacaan SK Yudisium oleh wakil Dekan Satu Fakultas Tarbiyah, Dr. Mu’awanah, M.Pd., yang didalamnya dibacakan jumlah Yudisium dari berbagai Prodi, termasuk lulusan terbaik dan penulis skripsi terbaik dari masing-masing prodi. Pada kesempatan ini para lulusan terbaik dan penulis skripsi terbaik mendapatkan sertifikat yang diserahkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Kaprodi masing-masing. Acara yang selalu ditunggu yaitu pembacaan kesan dan pesan mahasiswa selama berkuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri disampaikan oleh wakil dekan dua, Dr. Fathor Rasyid, M.Pd. Pesan dan kesan mahasiswa selalu memberikan nuansa segar disebabkan pengalaman berwarna warni yang dialami mahasiswa selama berkuliah yang dituliskan dengan berbagai macam gaya. Menambahkan semarak acara, salah satu peserta dari Prodi TBI, Amelia Nindi, membawakan dua buah lagu yang memecahkan suasana Gedung Serba Guna saat itu.

Orasi ilmiah sekaligus motivasi dan inspirasi disampaikan oleh Prof. Agus Maimun dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang membeberkan pengalam hidup beliau dan mengispirasi peserta yudisium untuk terus maju menggapai cita-cita sebagaimana beliau memulai perjalanan karir beliau dari bawah sampai saat ini menjadi Professor dan telah mengunjungi 26 negara-negara di seluruh benua kecuali benua Amerika yang baru akan beliau kunjungi akhir tahun ini. Orasi ilmiah Prof Agus Maimun mendapatkan sambutan antusis dari peserta Yudisium, ditambah lagi dengan gaya penyampain yang interaktif disertai dengan kuis berhadiah yang semakin mengikat audience, senam mahasiswa dan mahasiswa mendapatkan hadiah dari beliau setelah berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang beliau ajukan.  Akhirnya acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh wakil dekan tiga, Dr. Iskandar Tsani, M.Pd. diikuti dengan sesi foto bersama tiap prodi di depan panggung. Tampak wajah-wajah penuh harapan dari para peserta yudisium XII Fakultas Tarbiyah memenuhi ruangan saat acara usai dan mereka saling menyapa dan berfoto bersama para dosen dan teman-teman mereka.